Tuesday, May 15, 2018

Rasa Kolak Pisang yang Itu-Itu Saja? Yuk, Buat Aneka Variasinya!

Pisang tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga menjadi salah satu buah paling populer di dunia. Banyak ahli yang berpendapat, pisang merupakan buah yang pertama dibudidayakan oleh manusia. Dahulu, pisang berwarna hijau dan merah. Pisang yang dikenal saat ini adalah hasil mutasi yang dilakukan oleh Jean Francois Poujot pada tahun 1836 di Jamaika.
eberapa kandungan nutrisi pada pisang memiliki efek yang sangat baik bagi jantung.
Anemia adalah penyakit yang disebabkan kurangnya jumlah sel darah merah atau hemoglobin, dengan gejala mudah lelah, pusing, wajah pucat, dan sesak napas. Pisang memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk merangsang produksi hemoglobin.

1. Kolak Pisang

Bahan:

  • Pisang kepok: 8 buah
  • Gula jawa: 140 gr (iris-iris tipis)
  • Gula pasir: 2 sendok makan
  • Vanili bubuk: ¼ sendok teh
  • Daun pandan: 1 lembar
  • Santan: 600 ml (dibuat dari setengah butir kelapa)
  • Air: 400 ml
  • Garam: ¼ sendok teh

Manfaat Mengonsumsi Jus Buah Naga Secara Rutin

Buah naga atau dragon fruit termasuk ke dalam jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah yang disebut juga buah kaktus ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Orang Meksiko menyebutnya dengan nama pitahaya, sedangkan bangsa Amerika Tengah dan Amerika Selatan menamakannya pitahaya Roja.
Oleh orang Perancis, tanaman ini dibawa dari ke Vietnam sebagai tanaman hias pada tahun 1870. Karena dianggap membawa berkah, buah naga selalu ditempatkan di antara dua patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Orang Vietnam menyebutnya dengan nama thang loy, yang artinya buah naga, dan diterjemahkan oleh orang Eropa menjadi dragon fruit.
  1. Hylocereus undatus: cirinya bagian kulit memiliki warna merah dengan daging berwarna putih.
  2. Hylocereus polyrhizus: cirinya bagian kulit berwarna kulit merah muda dan daging berwarna merah yang tidak terlalu terang.
  3. Selenicereus megalanthus: cirinya bagian kulitnya berwarna kuning dan daging berwarna putih.
  4. Hylocereus costaricensis: cirinya bagian kulit memiliki warna merah muda dan dagingnya memiliki warna merah mencolok.

No comments:

Post a Comment

Cara Memotong Daging Untuk Gepuk

Apa Anda memikirkan sebuah mangkuk yang berisi penuh daging dengan bumbu-bumbu lezat di atasnya, atau Anda memikirkan tentang sebuah hidanga...